Cara Mencegah Kehamilan Pada Usia Dini

Mencegah Kehamilan Pada Usia Dini – Perkawinan usia dini merupakan perkawinan yang di lakukan oleh perempuan di bawah usia 20 tahun. Perkawinan usia dini mencerminkan rendahnya status perempuan dan bahkan menjadi tradisi social menopang tingginya tingkat kesuburan. Hal ini, menyebabkan periode melahirkan yang di hadapi oleh seorang perempuan yang kawin di usia dini lebih panjang. Disisi lain resiko persalinan yang akan semakin tinggi karena fisik yang belum pada waktunya saat siap melahirkan.

Perkawinan usia dini menjadi fenomena saat ini, pada dasarnya merupakan suatu siklus yang terulang, dan banyak sekali tempat yang mendapatkan kasus seperti ini. Biasanya di pedesaan yang di pengaruhi minimnya pengetahuan dan kepedulian yang minim. Di Jawa Barat adalah posisi pertama yang memiliki kasus hamil usia dini dari usia mulai dari 15 – 19 tahun. Terdapat 126 orang yang menikah dan melahirkan di usia muda, kemudia di susul oleh DKI Jakarta.

Kehamilan di usia dini, adalah kehamilan yang sering terjadi pada anak remaja putri berusia di bawah 20 tahun. Kehamilan tersebut dapat di sebabkan oleh karena hubungan seksual dengan pacar, perkosaan, maupun factor lain.

Mencegah Kehamilan Pada Usia Dini

Kehamilan tersebut dapat menimbulkan dampak yang serius, masalah seperti pertumbuhan, tubuh kembang yang belum sempurna, kurang siap dalam social ekonomi, atau belum siap menjadi ibu, adapun beberapa alasan yang umum kita jumpai seperti:

  • Kecelakaan hamil diluar nikah
  • untuk mendapatkan tunjangan kesejahteraan
  • faktor hubungan
  • menginginkan anak
  • Ingin Berperan
  • keinginan meniru saudara atau sedang iri

Perempuan yang usianya kurang dari 20 tahun tidak di bolehkan hamil karena dapat menimbulkan komplkasi pada saat kehamilan. Wanita yang berusa 10-14 tahun beresiko 5 kali lipat mengalami kematian saat kehamilan dan persalinan bayi di banding usia 20 ke atas. Sedangkan perempuan usia 15 sampai 19 tahun beresiko 2 kali lipat mengalami kematian saat kehamilan dan persalinan bayi. Jadi bisa di simpulkan ada banyak sekali fenomena hamil di usia dini. Pencegahan hamil usia dini dilakukan menjauhi  pergaulan bebas, taat hukum, taat agama dan taat kepada orang tua.